Mata Iman #496: HATI-HATI GENDUT

MATA IMAN #496
Sabtu 7 Agustus 2021

Ayat bacaan: 1 Samuel 2:27-36, 4:13-18
Nas: Ketika disebutnya tabut Allah itu, jatuhlah Eli telentang dari kursi di sebelah pintu gerbang, batang lehernya patah dan ia mati. Sebab telah tua dan gemuk orangnya. Empat puluh tahun lamanya ia memerintah sebagai hakim atas orang Israel. (ayat 18)

HATI-HATI GENDUT

Judul renungan membuat Anda tersinggung? Bagus, saya juga! Awal pandemi saya terbuai dengan berbagai ungkapan, “Gapapa gendut, yang penting sehat,” “Di masa pandemi gini, imun harus diperkuat dengan banyak makan enak.” Kalau Anda pernah terbuai juga, sekarang sadarlah!

Pada bacaan ini, kita memahami bahwa kesehatan itu holistik. Sebagai seorang imam dan hakim, mungkin Eli adalah orang yang sehat secara spiritualitas. Namun sayang, pemahaman akan Allah yang benar tidak dibarengi dengan pengajaran yang tegas ke anaknya maupun dirinya, baik dalam hal menjaga tradisi religiusitas maupun menjaga kesehatan. Kita dapat melihat bagaimana Eli dan keluarganya memperlakukan korban bakaran, yang seharusnya diutamakan bagi Allah dan sisanya dibagikan kepada orang miskin, tetapi mereka memprioritaskan bagi diri mereka sendiri. Dan jadilah, gendut!

Dalam kondisi di mana bangsa Israel yang masih kerap berperang dengan bangsa Filistin, tentu mereka perlu dekat dengan Allah dan disertai tubuh yang kuat agar menang. Begitupun dengan kita saat ini, kita berperang melawan virus, kita perlu iman yang kuat pada Allah dan juga tubuh yang sehat, sebagai bentuk syukur atas hidup yang masih diberikan. Mulailah berdoa dan berolahraga rutin, jaga apa yang masuk dan keluar dari mulut kita! (AS)

Saudaraku yang kekasih, aku berdoa, semoga engkau baik-baik dan sehat-sehat saja dalam segala sesuatu, sama seperti jiwamu baik-baik saja – doa Rasul Yohanes dan saya juga.

————————————–
Informasi seputar GKI Kelapa Cengkir
dapat diakses melalui :
https://linktr.ee/gkikelapacengkir
Whatsapp by wa.me/+6281388901368

You May Also Like

About the Author: gkikelapacengkir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *