Kenalan Sama Saham Yuk – Liputan Event Nabung Saham 01

“Jangan main saham, nanti uang habis, kaya judi itu!” Sobat Cengkir pernah mendapat nasihat seperti itu?

GKI Kelapa Cengkir pada Sabtu, 26 Juni dan 3 Juli lalu, mengadakan kelas untuk mempelajari saham dengan sudut pandang yang terbuka. Nugroho Nuswantoro, sebagai pembicara, menjelaskan bahwa saham adalah bukti kepemilikan suatu perseroan (perusahaan) yang merupakan klaim atas penghasilan dan kekayaan perseroan. Keberadaan saham, sangat diperlukan dalam pengembangan sebuah usaha, di mana ketika sebuah usaha membutuhkan dana besar, maka Sobat Cengkir dapat membuat usaha tersebut menjadi go public, dan saham menjadi surat kepemilikan bagi orang-orang yang memberikan ikut menanamkan modal.

Tunggu dulu, jangan buru-buru untuk berinvestasi saham, karena kita perlu paham keuntungan dan kerugiannya. Keuntungan berinvestasi saham adalah adanya Dividen, yaitu keuntungan usaha perusahaan yang dibagikan kepada para pemegang saham; serta pilihan lainnya adanya Capital Gain, yaitu selisih dari harga jual saham dibandingkan harga beli di mana harga jual > dari harga beli. Yang menarik, saham dapat disimpan untuk investasi jangka pendek, menengah maupun panjang dan dana hasil penjualan saham dapat ditarik sewaktu-waktu setelah T+2 sejak dilakukannya penjualan saham.

Kelihatannya menguntungkan ya, ketika kita berinvestasi saham. Namun kita perlu tahu juga kerugian dari berinvestasi saham, yaitu: dividen dapat juga tidak dibagikan berdasarkan hasil RUPS, karena perusahaan mengalami kerugian maupun penambahan modal dan aset perusahaan atau terjadinya capital loss, kebalikan dari capital gain, di mana selisih harga jual < harga beli. Risiko likuiditas, juga dapat terjadi bila investor mengalami kebangkrutan oleh pengadilan; Investor saham mendapat prioritas terakhir setelah kewajiban perusahaan terlunasi.

Untuk lebih berjaga-jaga dari penipuan, Sobat Cengkir perlu melihat aspek keamanan berinvestasi. Ada dua aspek yang perlu diperhatikan, yaitu adanya Rekening Dana Nasabah (RDN) dan Single Investor Identification (SID). Untuk memilih saham pun, gunakan hikmat! Pilihlah saham yang dikenal, yang rajin membagikan dividen dan yang memiliki fundamental baik, serta milikilah kesabaran untuk berbisnis saham.

Yuk Sobat Cengkir, gunakan berkat yang Tuhan titipkan pada kita dengan bijak, agar dapat menyiapkan masa depan yang lebih terencana. Dan ingat juga untuk berbagi kepada sesama yang membutuhkan, termasuk melalui materi yang kamu miliki.

*Bagi Sobat Cengkir yang ingin mendapatkan video rekaman dan materi, dapat klik link berikut:

You May Also Like

About the Author: gkikelapacengkir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *