Mata Iman #470: TAKE OVER

MATA IMAN #470
Senin 12 Juli 2021

Bacaan: Keluaran 5:23-6:7
Nas: Tetapi TUHAN berfirman kepada Musa: “Sekarang engkau akan melihat, apa yang akan Kulakukan kepada Firaun; sebab dipaksa oleh tangan yang kuat ia akan membiarkan mereka pergi, ya dipaksa oleh tangan yang kuat ia akan mengusir mereka dari negerinya. (ay 24).

TAKE OVER

Skenario eksodus umat Israel dari perbudakan di Mesir adalah grand design dari Allah, Sang Sutradara. Untuk itu Allah mengutus Musa, dan Musa pun taat walau agak gamang. Kisah ini tidaklah mulus, prosesnya amat menekan umat Israel, karena mereka ditindas oleh Firaun. Beban berat ini sepertinya tidak tertanggung oleh umat Israel, mengingat yang menindasnya mempunyai kekuasaan dan kekuatan jauh di atas kekuatan umat Israel.

Di dalam ketaatannya mengemban misi Allah, ternyata Musa tak sanggup memikulnya. Musa hanya bisa mengeluh kepada Tuhan. Musa angkat tangan, maka Tuhan pun turun tangan untuk ‘take over’. Allah menunjukkan kuasa-Nya di hadapan raja Firaun dan pasukan kerajaan Mesir, sehingga akhirnya Tuhan melepaskan umat Israel dari cengkeraman raja Firaun.

Pandemi Covid-19 sepertinya belum berakhir, bahkan kita pun tidak tahu di mana ujungnya. Padahal kita sudah di titik nadir. Beban mental, ekonomi dan sebagainya makin berat kita rasakan di pundak kita, Kita sepertinyanya pasrah dan kalah. Marilah, di tengah keletihan berjuang, kita menghadap hadirat Tuhan, mengadu dan memohon pertolongan-Nya. Dengan kekuatan sendiri sudah terbukti tidak sanggup mengatasi. Hanya Tuhan yang sanggup take over beban ini. Peristiwa pandemi Covid-19 ini telah banyak mengajar kepada kita, salah satunya adalah ternyata kita manusia lemah, tidak bisa apa-apa tanpa penyertaan Tuhan. Marilah kita mengandalkan Tuhan, karena bersama-Nya kita kuat. (ENO)

“CUKUPLAH KASIH KARUNIA-KU BAGIMU, SEBAB JUSTRU DALAM KELEMAHANLAH KUASA-KU MENJADI SEMPURNA.” (2 Korintus 12:9).

————————————–
Informasi seputar GKI Kelapa Cengkir
dapat diakses melalui :
https://linktr.ee/gkikelapacengkir
Whatsapp by wa.me/+6281388901368

You May Also Like

About the Author: gkikelapacengkir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *