Mata Iman #440: JANGAN MENGHAKIMI

MATA IMAN #440
Sabtu 12 Juni 2021

Ayat bacaan: Matius 7:1-5
Nas: Mengapakah engkau melihat selumbar di mata saudaramu, sedangkan balok di dalam matamu tidak engkau ketahui? (ayat 3)

JANGAN MENGHAKIMI

Di era 4.0 yang dipandang heboh oleh masyarakat, beragam informasi mudah untuk didapatkan, baik yang mendidik, menghibur dan lainnya. Tindakan dari para selebriti yang dulu susah dijangkau, kini dapat kita ketahui.

Kemajuan zaman ini pun membuat netizen juga ingin menyampaikan pendapatnya. Seperti di media Twitter, ketika artis A membuat konten terkait momen berdukanya, netizen pun langsung merespons dengan penghakiman bermacam-macam. Ketika artis B diduga melakukan hal negatif, netizen langsung menghujat dengan kejamnya.

Dalam bacaan kita, menjadi hakim di masa kehidupan Yesus, diperlukan landasan memahami aturan agama dan kebudayaan Yahudi. Begitu pun dengan orang yang berprofesi hakim, seharusnya juga lulusan dari Fakultas Hukum. Namun sikap menghakimi, sangat mungkin dijalankan oleh siapa saja dengan pemahaman yang dimiliki oleh tiap-tiap individu, terlebih di kehidupan era 4.0.

Yesus mengingatkan kita untuk mulai dari diri sendiri, mengoreksi diri terlebih dahulu di mana kita pun manusia yang juga mungkin jauh lebih berdosa. Ketika kita sadar diri kita berdosa, kita butuh kasih Kristus dan hidup di dalam-Nya agar menyebarkan kasih, termasuk di dunia digital. (AS)

Aku datang bukan untuk memanggil orang benar, tetapi orang berdosa, supaya mereka bertobat – Yesus

 

————————————–
Informasi seputar GKI Kelapa Cengkir
dapat diakses melalui :
https://linktr.ee/gkikelapacengkir
Whatsapp by wa.me/+6281388901368

You May Also Like

About the Author: gkikelapacengkir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *