Mata Iman #438: SINKRETISME

MATA IMAN #438
Kamis 10 Juni 2021

Bacaan: Ibrani 13: 1-9
Janganlah kamu disesatkan oleh berbagai-bagai ajaran asing (ayat 9a).

SINKRETISME

Raja Salomo terkenal dengan hikmat, kekayaan, sekaligus tokoh yang membangun Bait Allah. Namun akhirnya jatuh ke dalam dosa, akibat berkompromi dengan mengikuti sesembahan para istrinya yang berasal dari berbagai bangsa asing. Sinkretisme atau praktik mencampurkan berbagai keyakinan yang seperti itu jelas salah, karena praktik menyembah patung, dewa atau ilah lain, tegas dilarang dalam Dasa Titah. Namun sadarkah kita, kadang kita bisa terjebak mengikuti ilah lain?

Pengajaran ala jaman baru atau new age sekilas rohani, membangun spiritualitas dan memotivasi agar senantiasa bersyukur dan tetap tegar menjalani kehidupan, namun siapa sosok yang jadi Tuhannya? Biasanya tidak mengacu ke satu agama, atau mix dan comot ayat dari kitab sana-sini. Saat kita merenungkannya, apakah kita jadi semakin dekat ke Tuhan atau justru semakin mengandalkan diri sendiri, hingga seolah meniadakan Tuhan?

Begitu pula dalam ajaran di kalangan sendiri. Siapa fokusnya, Tuhan atau pengalaman spiritual sang pengkhotbah? Alkitab ditafsirkan sesuai konteks teologis, atau seenak jidat si pengajar? Bagaimana teladan hidup mereka, khususnya dalam hal memperlakukan pasangan dan soal hepeng alias duit? (ayat 4-7). Fokus Kekristenan bukan untuk cari berkat dan mukijzat instan, atau materialisme dan sensasionalisme; namun pada pribadi Yesus yang tetap sama dahulu, sekarang dan nanti (ayat 8), dan itulah yang perlu kita teladani. Kembalilah ke dasar iman kita, pada kebangkitan Kristus yang memberikan keselamatan. (YOD)

==

Awasilah dirimu sendiri dan awasilah ajaranmu. Bertekunlah dalam semuanya itu, karena dengan berbuat demikian engkau akan menyelamatkan dirimu dan semua orang yang mendengar engkau.
(1 Timotius 4:16)

————————————–
Informasi seputar GKI Kelapa Cengkir
dapat diakses melalui :
https://linktr.ee/gkikelapacengkir
Whatsapp by wa.me/+6281388901368

You May Also Like

About the Author: gkikelapacengkir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *