Mata Iman #437: SABAR

MATA IMAN #437
Rabu, 9 Juni 2021

Bacaan: Efesus 4:1-6
Nas : Hendaklah kamu selalu rendah hati, lemah lembut, dan sabar. (ayat 2a)

SABAR

Seorang sahabat di Kelapa Gading mengirim sebuah video yang sangat inspiratif. Digambarkan di situ, seorang pria mengajak ayahnya yang lanjut usia makan di sebuah restoran. Pria ini tetap bersikap sabar ketika ayahnya menunjukkan cara makan yang berantakan sehingga berceceran, bahkan mengotori kemejanya. Dengan tenang ia membantu sang ayah membersihkan diri. Di akhir kisah, salah satu pengunjung restoran, seorang laki-laki lanjut usia, berkata bahwa pria tersebut memberikan pelajaran berharga bagi setiap anak laki-laki, sekaligus pengharapan kepada setiap ayah…

Nasihat-nasihat praktis yang diberikan oleh Rasul Paulus berdasarkan karya Allah yang mempersatukan jemaat. Karena persatuan dalam arti kesatuan Roh harus terus dipelihara, meskipun setiap orang memiliki kasih karunia berbeda sesuai ukuran pemberian Kristus. Panggilan Allah kepada umat-Nya harus dijawab melalui perwujudan hidup baru dalam perilaku, yaitu rendah hati, lemah lembut, dan sabar. Sehingga hidup persekutuan pun dapat terus berlangsung dalam ikatan damai sejahtera.

Mudahkah selalu bersikap sabar? Jawaban saya, sangat tidak mudah. Karena sikap sabar selalu berkaitan dengan kemampuan menahan diri. Dan hal yang paling sulit dilakukan di dunia ini adalah menaklukkan diri sendiri. Itulah sebabnya kita senantiasa membutuhkan pertolongan Roh Kudus, agar terus membimbing dan memampukan kita untuk memupuk kesabaran, karena sabar adalah bagian dari buah Roh! (SLS)

SABAR ITU NGGAK ADA BATASNYA, KALAU ADA BATASNYA BERARTI NGGAK SABAR – Gus Dur

————————————–
Informasi seputar GKI Kelapa Cengkir
dapat diakses melalui :
https://linktr.ee/gkikelapacengkir
Whatsapp by wa.me/+6281388901368

You May Also Like

About the Author: gkikelapacengkir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *