Mata Iman #379: KETAKUTAN BERDASARKAN LOGIKA

MATA IMAN #379
Senin 12 April 2021

KETAKUTAN BERDASARKAN LOGIKA

Bacaan: Keluaran 12:43-51
Nas: Dan tepat pada hari itu juga TUHAN membawa orang Israel keluar dari tanah Mesir, menurut pasukan mereka. (ayat 51).

Pada awal Maret 2020, setelah ada pemberitahuan dari pemerintah tentang adanya penduduk Jakarta yang positif Covid-19, serentak kepanikan terjadi. Perasaan was-was dan ketakutan melanda. Ketakutan karena akan terjadi penularan penyakit dengan cepat dan dapat menyebabkan kematian. Rumor tentang lockdown pun merebak. Akibatnya, banyak warga memborong hand sanitizer, masker, vitamin dan bahan makanan, termasuk makanan dan minuman dalam kemasan. Masyarakat memikirkan kepentingan dirinya sendiri saja.

Di dalam kitab Keluaran, Tuhan mengeluarkan ketetapan mengenai Paskah. Paskah merupakan perayaan pembebasan umat Israel dari belenggu perbudakan. Perayaan itu juga boleh diikuti oleh orang asing dengan memperhatikan ketentuan yang berlaku. Di dalam Perjanjian Baru, Paskah dimaknai sebagai pembebasan manusia dari belenggu dosa. Manusia yang berdosa bila dengan sungguh sungguh menerima Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juru Selamat, maka dosanya diampuni. Dalam Yesus Kristus, manusia dibebaskan dari kuasa dosa dan maut.

Di dalam kehidupan ini, hendaklah kita mempercayai penyertaan Tuhan, baik dalam keadaan senang ataupun susah. Janganlah kita mengambil jalan menurut kehendak diri sendiri, tanpa meminta pertolongan Tuhan. Salah satu wujud pertolongan Tuhan kepada kita yaitu melalui hikmat. Penemuan vaksin merupakan salah satu contoh hikmat yang diberikan oleh Tuhan. Vaksinasi sudah dimulai. Semoga pandemi Covid-19 berangsur-angsur berkurang dan pada waktuNya “pembebasan” dunia dari pandemi ini sungguh terjadi.
(Didi Afasianto – Kontestan Lomba Menulis Renungan Mata Iman)

Percayalah kepada TUHAN dengan segenap hatimu, dan janganlah bersandar kepada pengertianmu sendiri – Amsal 3:5

———————————
Informasi seputar GKI Kelapa Cengkir dapat diakses melalui :
Whatsapp by wa.me/+6281388901368
Website (http://gkikelapacengkir.org)
Instagram (@gkikelapacengkir)

You May Also Like

About the Author: gkikelapacengkir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *