Mata Iman #346: Menghadirkan Ruang Bahagia Bagi Keluarga

MATA IMAN #346
Sabtu 6 Maret 2021

Bacaan: Kejadian 50:15-21
Nas: Jadi janganlah takut, aku akan menanggung makanmu dan makan anak-anakmu juga.” Demikianlah ia menghiburkan mereka dan menenangkan hati mereka dengan perkataannya. (ayat 21)

MENGHADIRKAN RUANG BAHAGIA BAGI KELUARGA

Jika harta, tahta, dan cinta dikaitkan dengan relasi, maka bak sekeping uang logam dengan dua sisi yang berbeda. Ketiga hal tersebut lebih sering dipandang sebagai perusak suatu relasi. Karena hutang dan perbedaan tingkat ekonomi, karena perbedaan status sosial, maupun karena kasih yang tersalurkan dengan tidak adil dan cinta kepada sosok yang dianggap salah, maka relasi dalam keluarga bisa menjadi hancur.

Semoga Sobat Cengkir tidak mengalami demikian. Lantas, bagaimana jika relasi dalam keluarga kita terancam atau telah retak karena harta, tahta dan cinta?

Kisah keluarga Yakub merupakan satu di antara banyak keluarga yang tidak ideal dalam Alkitab. Yakub pilih kasih kepada anak-anaknya, sehingga Yusuf menjadi korban kebencian saudara-saudaranya. Setelah narasi kehidupan bergulir, Yusuf mendapatkan tahta sebagai penguasa kedua di Mesir, setelah Firaun. Kesenjangan ekonomi dan status sosial antara Yusuf dan saudara-saudaranya, juga sempat menciptakan rasa sungkan dan takut dalam diri saudara-saudara Yusuf.

Dengan tahta dan harta, Yusuf memang dapat membalas dendam. Namun, Allah menyatakan kasih-Nya melalui Yusuf, sehingga relasi keluarga Yakub menjadi pulih. Yusuf pun menerima saudara-saudaranya dan menghidupi mereka.

Keluarga besar saya pun bukan keluarga ideal. Terjadi keretakan dalam relasi, karena tiga hal: Harta, tahta dan cinta yang tak tepat. Namun, kasih Allah yang saya coba hidupi, memberdayakan saya untuk menghadirkan ruang bahagia dalam keluarga. Bagaimana dengan Sobat Cengkir? (AS)

Menyeduh kisah, sajikan cinta, menata ruang bahagia
Menuang rindu, padukan rasa, karena kita keluarga
(Endah N Rhesa – Ruang Bahagia)

—–
Informasi seputar GKI Kelapa Cengkir dapat diakses melalui :
Whatsapp by wa.me/+6281388901368
Website (http://gkikelapacengkir.org)
Instagram (@gkikelapacengkir)

You May Also Like

About the Author: gkikelapacengkir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *