Mata Iman #338: Navigasi Sang Pemimpin

MATA IMAN #338
Jumat, 26 Februari 2021

Bacaan: Mazmur 121:1-8
Nas: TUHAN akan menjaga keluar masukmu, dari sekarang sampai selama-lamanya. (ayat 8)

NAVIGASI SANG PEMIMPIN

Terselip di antara berita soal gegap-gempita vaksin, 52 ikan paus pilot terdampar di perairan Bangkalan. Saat ditemukan warga pagi-pagi, 49 hewan mamalia terbesar itu sudah mati – sisanya berusaha dibawa kembali ke laut lepas oleh para nelayan, namun hanya 1 yang berhasil selamat. Tragedi ekosistem ini cukup mendapat perhatian pejabat setempat dan peneliti. Per 25 Februari 2021, kesimpulan sementara dari Peneliti Mamalia Laut di Pusat Penelitian Oseanografi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), mereka terdampar karena mengikuti paus pemimpin mereka yang kemampuan navigasinya ‘rusak’ – diduga karena mengonsumsi plankton beracun.

Sama seperti paus yang hidup komunal di mana satu kelompok mengikuti sang pemimpin, kehidupan persekutuan kita sebagai orang beriman juga seharusnya berpusat pada ‘Sang Kepala Gereja’. Sama seperti yang dipersaksikan oleh pemazmur dalam bacaan ini, ia mengandalkan Tuhan dengan segenap hatinya dan mencari Tuhan untuk memperoleh kasih karunia dan mendapat pertolonganNya pada waktu yang tepat sesuai kehendakNya. Nas bacaan kita hari ini dapat dimaknai bahwa sejak kelahiran hingga kita meninggalkan dunia, ketika kita keluar untuk bekerja setiap hari dan pulang untuk istirahat, Allah akan memelihara kita; Dialah penjaga kita senantiasa.

Berpusatlah pada Tuhan Sang Kepala Gereja, niscaya kita tidak akan tersesat dalam menyelami arus kehidupan kita. Banyak orang yang memproyeksikan pusat kehidupannya justru pada sosok pemimpin gereja atau figur publik yang dianggap ‘karismatis’, lalu kecewa karena yang bersangkutan terkena kasus, misalnya. Mari ikuti teladan pemazmur, pandanglah Tuhan saja untuk navigasi kehidupanmu yang utama. (OLV)

HIDUP YANG BERPUSAT PADA KRISTUS AKAN MEMBAWA KITA KE TINGKAT HIDUP ROHANI YANG EXCELLENT BUKAN HANYA AVERAGE ATAU GOOD
Pdt. Em. Andreas Gunawan

—–
Informasi seputar GKI Kelapa Cengkir dapat diakses melalui :
Whatsapp by wa.me/+6281388901368
Website (http://gkikelapacengkir.org)
Instagram (@gkikelapacengkir)

You May Also Like

About the Author: gkikelapacengkir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Fatal error: Uncaught wfWAFStorageFileException: Unable to save temporary file for atomic writing. in /home/u7049137/public_html/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php:34 Stack trace: #0 /home/u7049137/public_html/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php(658): wfWAFStorageFile::atomicFilePutContents('/home/u7049137/...', '<?php exit('Acc...') #1 [internal function]: wfWAFStorageFile->saveConfig('livewaf') #2 {main} thrown in /home/u7049137/public_html/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php on line 34