Mata Iman #277: KelahiranNya Melegakan Jiwa

MATA IMAN #277
Minggu, 27 Desember 2020

KelahiranNya Melegakan Jiwa

Bacaan: 2:22-40
Nas: “Sekarang, Tuhan, biarkanlah hamba-Mu ini pergi dalam damai sejahtera” (Lukas 2:29)

Jika kita melihat kembali tahun 2020 ini, hal apakah yang pertama kali tersirat dalam benak Anda? Ada yang berpendapat bahwa tahun 2020 merupakan tahun yang penuh tantangan karena pandemi Corona yang merajalela. Pandemi ini telah mengusik beberapa aspek kehidupan kita seperti kerugian ekonomi, terputusnya relasi sosial, kehilangan pekerjaan, hingga terenggutnya nyawa. Kehidupan bergereja pun tak luput dari dampak pandemi Corona.

Di tengah tantangan yang ada, Yesus Kristus telah datang ke dunia dan kita baru saja memperingati kelahiranNya dua hari yang lalu. Bagaimanakah respons yang tepat terhadap Yesus Kristus? Sosok Simeon, seorang yang saleh dan takut akan Tuhan, merupakan bagian dari umat Israel yang setia menantikan campur tangan Allah atas kehidupan umat Israel dalam meraih kejayaan. Pengharapan terkait kehadiran mesias memberikan kekuatan bagi Simeon untuk bertahan hidup, termasuk dalam penderitaan dan penjajahan. Kebahagiaan tiada tara muncul pada saat Simeon berjumpa dan menyambut bayi Yesus. Penderitaan yang berbuah kelegaan dan pengharapan yang tidak sia-sia terhadap kehadiran mesias membuat Simeon siap menghadapi kematiannya. Bukan kematian dalam keputusasaan melainkan kematian dalam damai sejahtera.

Bayi Yesus telah datang ke dunia ini untuk membawa penghiburan bagi dunia yang penuh kekelaman. Kelahiran-Nya melegakan jiwa bagi orang-orang yang menyambutNya dan percaya kepada-Nya. Marilah kita berserah kepada Tuhan dan berpengharapan hanya kepada-Nya karena Ia senantiasa mengasihi kita. (HKC)

Tuhan telah menuntun kita selama tahun 2020 dan akan terus menyertai kita menyongsong tahun baru 2021 yang penuh harapan. Soli Deo Gloria!

———————-
Informasi seputar GKI Kelapa Cengkir dapat diakses melalui :
Whatsapp by wa.me/+6281388901368
Website (http://gkikelapacengkir.org)
Instagram (@gkikelapacengkir)

You May Also Like

About the Author: gkikelapacengkir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Fatal error: Uncaught wfWAFStorageFileException: Unable to save temporary file for atomic writing. in /home/u7049137/public_html/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php:34 Stack trace: #0 /home/u7049137/public_html/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php(658): wfWAFStorageFile::atomicFilePutContents('/home/u7049137/...', '<?php exit('Acc...') #1 [internal function]: wfWAFStorageFile->saveConfig('livewaf') #2 {main} thrown in /home/u7049137/public_html/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php on line 34