Mata Iman #259: Bersabar Dan Bertahan

MATA IMAN #259
Rabu 9 Desember 2020

Bacaan: Ayub 6:11-13

Nas : “Apakah kekuatanku, sehingga aku sanggup bertahan, dan apakah masa depanku, sehingga aku harus bersabar?” (ayat 11)

BERSABAR DAN BERTAHAN

Akibat hantaman badai dahsyat, seorang astronot NASA bernama Mark Watney terpisah dari tim penjelajah. Komandan tim dan awak lainnya beranggapan bahwa Mark sudah tewas, sehingga memutuskan untuk meninggalkannya. Padahal ternyata Mark masih hidup, terlantar di permukaan planet merah yang gersang. Dan dia menghadapi beragam tantangan, mulai dari persediaan makanan, air, udara dan lain sebagainya. Sambil memanfaatkan pengetahuannya sebagai ahli botani, ia terus berupaya mempertahankan hidup sambil mencari cara berkomunikasi dengan bumi. Singkat cerita, para pegawai NASA di bumi dan tim yang masih berada di orbit Mars tidak tinggal diam. Mereka membentuk misi penyelamatan.

Ilustrasi di atas adalah kisah dalam sebuah film fiksi ilmiah berjudul The Martian. Saat menontonnya, saya langsung teringat kisah Ayub, yang pernah mengalami badai kehidupan bertubi-tubi. Dalam sekejap dia kehilangan segalanya. Bingung, kecewa dan marah kepada Allah, sempat memenuhi hati dan pikirannya. Bahkan bertanya-tanya, dari mana ia akan memiliki kekuatan untuk tetap berharap, dan masih adakah masa depan yang menjanjikan sehingga ia mampu bersabar. Seakan ia sudah tak memiliki daya lagi untuk melanjutkan kehidupan. Namun, setelah kita membaca keseluruhan kitab Ayub ini, kita pun belajar bahwa akhirnya Ayub mengenal Allah dengan perspektif baru. Pemulihan yang Allah berikan menjawab semua pertanyaan yang sebelummya bertengger di pikirannya.

Saat ini umat manusia di dunia juga diminta bertahan dan bersabar. Hantaman Covid-19 menebar beragam permasalahan yang tidak mudah diurai satu per satu. Belajar dari Ayub, justru dalam situasi yang seringkali tidak bisa kita pahami, kita diajak untuk mengenal Allah dengan lebih personal, bahkan dengan lebih mendalam. Sehingga melalui kesabaran di dalam berpengharapan, kita percaya bahwa Allah tidak pernah tinggal diam! (SLS)

YA ALLAH, ENGKAU MEMILIKI KEDAULATAN MUTLAK ATAS SEGALA SESUATU. DI MASA PANDEMI COVID-19 INI, KAMI TETAP BERHARAP KEPADA-MU­čÖĆ

———————-
Informasi seputar GKI Kelapa Cengkir dapat diakses melalui :
Whatsapp by wa.me/+6281388901368
Website (http://gkikelapacengkir.org)
Instagram (@gkikelapacengkir)

You May Also Like

About the Author: gkikelapacengkir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *