Mata Iman #243: Kepuasan Yang Hakiki

MATA IMAN #243
Senin 23 November 2020

Bacaan: Yohanes 4:1-20
Nas: Jawab Yesus kepadanya: “Barangsiapa minum air ini, ia akan haus lagi, tetapi barangsiapa minum air yang akan Kuberikan kepadanya, ia tidak akan haus selama-lamanya. Sebaliknya air yang akan Kuberikan kepadanya, akan menjadi mata air di dalam dirinya, yang terus-menerus memancar sampai kepada hidup yang kekal.” (ay 13-14).

KEPUASAN YANG HAKIKI

Haus adalah alarm dari tubuh yang butuh asupan air. Setelah minum, rasa haus akan hilang, namun dengan berjalannya waktu akan haus lagi. Air di sini bisa menggambarkan hal-hal lain, misalkan harta, kekuasaan dan hobi yang dikejar orang karena dianggap sanggup memberi kepuasan, tetapi kepuasan yang sementara. Jika sudah tercapai maka akan timbul rasa ‘haus’ lagi. Hal itu terjadi karena kepuasan seolah tak berujung, sehingga menjebak manusia menjadi budak keinginan.

Ketika Yesus meminta minum air dari sumur Yakub kepada perempuan Samaria yang Ia temui di siang bolong, maka Ia menggunakan topik air dan rasa haus untuk mengajar. Air minum akan menghilangkan rasa haus, tetapi sementara karena akan haus lagi. Berbeda dengan air hidup yang Yesus tawarkan, tidak saja menyelamatkan jiwa manusia dari kematian kekal, tetapi juga memberikan kepuasan hakiki yang berkelanjutan. Hanya dengan menempatkan kebenaran firman Tuhan di dalam jiwa, maka dijamin akan memperoleh kepuasan yang lestari.

Janganlah mengejar kepuasan hidup dengan barang yang fana, karena begitu tertangkap, kepuasan yang diperoleh hanya sesaat dan sementara, bahkan jika menjadi ‘candu’ akan berbahaya bagi jiwa. Isilah jiwa ini dengan kebenaran Tuhan maka kepuasan yang paling hakiki akan mengisi relung hati dan jiwa kita. Kepuasan jiwa akan memunculkan rasa bahagia. Kebahagiaan sejati itulah yang diberikan Kristus bagi kita yang haus akan kebenaran-Nya. (ENO)

KESERAKAHAN ADALAH JURANG MAUT YANG MENJEBAK ORANG DALAM UPAYA TANPA HENTI UNTUK MEMENUHI KEINGINAN TANPA PERNAH MENCAPAI KEPUASAN. (Erich Fromm)

———————-
Informasi seputar GKI Kelapa Cengkir dapat diakses melalui :
Whatsapp by wa.me/+6281388901368
Website (http://gkikelapacengkir.org)
Instagram (@gkikelapacengkir)

You May Also Like

About the Author: gkikelapacengkir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *