Mata Iman #170: PSBB Lagi, Huft!

MATA IMAN #170

Ayat bacaan:1 Timotius 2:1-7
Nas: Pertama-tama aku menasihatkan: Naikkanlah permohonan, doa syafaat dan ucapan syukur untuk semua orang, untuk raja-raja dan untuk semua pembesar, agar kita dapat hidup tenang dan tenteram dalam segala kesalehan dan kehormatan. (ayat 1-2)

PSBB Lagi, Huft!

Iya, Jakarta kembali PSBB. Kesal? Mungkin bukan hanya Sobat Cengkir kok yang kesal. Tetapi kekesalan kita tertuju pada apa atau siapa? Kalau kita kesal kepada pengambil kebijakan, terlebih sosok pemerintah, coba yuk kaji ulang dengan menaikkan porsi cara berpikir logis.

“Lah, kamu enak, nggak tinggal di Jakarta.”

Benar kok. Walaupun jarang ada di Jakarta, saya punya rekan-rekan di Jakarta dan ikut berempati bagi mereka. Saya juga pernah kesal kepada pemprov dan pemkot di mana saya tinggal, karena berbeda pandangan dalam merespons situasi ini. Lantas bagaimana selayaknya kita merespons situasi ini?

Surat Paulus yang kita baca, ditujukan kepada orang-orang yang melaksanakan tugas penggembalaan di dalam jemaat. Diperkirakan, surat ini ditulis pada saat Kerajaan Romawi berada di bawah kepemimpinan Kaisar Nero, yang terkenal kejam, kerap membunuh orang Kristen maupun rakyatnya.

Paulus mengingatkan para gembala jemaat, bahwa doa jangan hanya dibatasi oleh lingkungan keluarga dekat, atau orang yang baik saja. Gereja perlu berdoa bagi pemerintah, agar Allah memberikan hikmat dan kebijaksanaan bagi mereka dalam mengayomi rakyat.

Situasi pemerintahan Indonesia, tidak sekejam Kaisar Nero. Kita masih diberikan kesempatan beribadah secara online, bahkan setiap kebijakan mereka dalam masa pandemi juga bertujuan bagi kebaikan kita, baik dalam aspek kesehatan dan ekonomi. Maka, berdoalah kepada Allah bagi setiap pengambil kebijakan di mana Tuhan tempatkan kita. (AS)

Karena berdoa bagi pemerintah adalah salah satu bentuk kita mengasihi bangsa ini.

——————————–
Informasi seputar GKI Kelapa Cengkir dapat diakses melalui :
Whatsapp by wa.me/+6281388901368
Website (http://gkikelapacengkir.org)
Instagram (@gkikelapacengkir)

You May Also Like

About the Author: gkikelapacengkir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *