Notice: fwrite(): write of 691 bytes failed with errno=122 Disk quota exceeded in /home/u7049137/public_html/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php on line 42
Mata Iman #127: Pengorbanan – GKI Kelapa Cengkir

Mata Iman #127: Pengorbanan

MATA IMAN #127

Bacaan: Ibrani 10:1-18

Nas: Dan karena kehendak-Nya inilah kita telah dikuduskan satu kali untuk selama-lamanya oleh persembahan tubuh Yesus Kristus.

Sebab oleh satu korban saja Ia telah menyempurnakan untuk selama-lamanya mereka yang Ia kuduskan. (Ayat 10 & 14)

PENGORBANAN

Tentu sebagian besar kita masih ingat adegan dari Avengers: End Game, ketika Natasha Romanoff melompat ke jurang di Vormir sebagai syarat yang diajukan Red Skull: “Satu orang yang paling disayangi harus dikorbankan”; awalnya pergi berdua namun hanya Clint Barton sendiri yang pulang membawa Soul Stone lalu bergabung dengan para Avengers untuk menyelamatkan dunia.

Pengorbanan Yesus tidak dapat disamakan, karena bukan untuk menghidupkan kembali separuh yang hilang. Juga bukan fiksi, dan tidak berakhir hanya hingga kematian, tetapi ada kebangkitan. Ia hadir untuk mengembalikan kita semua melalui penebusan dosa, satu kali untuk selamanya, yang awalnya diperkenalkan melalui Taurat, dengan hewan yang disembelih sebagai korban setiap tahun (ayat 1-3). Ia sendiri yang menjadi imam besar sekaligus korban penghapusan dosa (Ibr 9:11-12), untuk memulihkan relasi manusia yang berdosa dengan Allah yang kudus.

Dulu, Abraham berniat mengorbankan putranya. Versi Islamnya, Ismail yang hendak dikorbankan, dan dari kisah itu, diperingati sebagai Hari Raya Idul Adha. Versi Kristen dan Yahudi, meyakini bahwa anak tersebut adalah Ishak, yang dijanjikan Allah dan diminta kembali sebagai ujian iman (Kejadian 22). Ternyata, Allah sudah menyediakan seekor domba jantan. Abraham menamai pengalaman imannya sebagai Jehovah Jireh (=Tuhan Menyediakan). Peristiwa tersebut sekaligus mengingatkan bahwa kelak, Allah sendiri yang menyediakan korban penebusan dosa, melalui kehadiran Yesus. (YOD)

==

Kini, setiap orang yang beriman kepada Kristus dimampukan untuk melakukan pengorbanan dengan tidak hanya memperhatikan kepentingan diri sendiri, tetapi kepentingan orang lain juga.

———————————
Informasi seputar GKI Kelapa Cengkir dapat diakses melalui :
Whatsapp by (081388901368)
Website (http://gkikelapacengkir.org)
Instagram (@gkikelapacengkir)

You May Also Like

About the Author: gkikelapacengkir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Fatal error: Uncaught wfWAFStorageFileException: Unable to verify temporary file contents for atomic writing. in /home/u7049137/public_html/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php:51 Stack trace: #0 /home/u7049137/public_html/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php(658): wfWAFStorageFile::atomicFilePutContents('/home/u7049137/...', '<?php exit('Acc...') #1 [internal function]: wfWAFStorageFile->saveConfig('livewaf') #2 {main} thrown in /home/u7049137/public_html/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php on line 51