Mata Iman #101: Moving On

MATA IMAN #101

Bacaan: Roma 12: 1-3

Nas: Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna (ayat 2).

MOVING ON

Masa-masa ini terlalu banyak dianggap sebagai tolok ukur antara baru dan lama, dulu dan sekarang. Semuanya terbagi dua layaknya tengah mengalami revolusi besar sedunia. Namun mari lihat perspektif lain bahwa pandemi bukan hanya menjadi tolok ukur, namun menjadi media agar individu sadar; sejak awal, dunia terus bergerak. Bahkan tanpa pandemi, akan selalu ada yang lama dan yang baru, dulu dan sekarang. Semuanya dinamis, bergerak bahkan ketika kita diam di rumah.

Tolok ukur yang dibuat dunia mau tidak mau membuat kita bergerak untuk jalani hal-hal baru agar terus hidup, bertahan dan berproses. Sebab ada atau tidaknya pandemi, sudah seharusnya kita siap dalam setiap situasi. Selain untuk bertahan hidup sampai akhir bulan, bukankah setidaknya kita perlu juga berproses dalam hal iman?

Pertumbuhan iman tidak terbatas pada kebaktian di gedung gereja. Kita, termasuk ketika di dalam rumah, diharapkan bertumbuh dengan melakukan ibadah yang sejati. Berubah oleh pembaharuan budi, mencari kehendak Allah, pun menguasai diri menurut iman akan Tuhan adalah salah satu bentuk berproses untuk menuju suatu perubahan yang baik dan berkenan bagi Allah.

Beralih dari old normal menuju new normal, jangan biarkan pergerakan dinamis berhenti sampai batas situasi kondisi. Kendati tubuh merebah di kasur, produksi dagangan di dapur, atau bekerja tanpa kendur, mari turut hadirkan “the new me” . Melahirkan pribadi yang jauh lebih kuat, lebih baik, lebih berakar di dalam Tuhan seiring bertahan hingga capai titik akhir. (EJI)

Selamat datang di paruh kedua tahun ini. Semoga bulan Juli beri kesempatan untuk berproses menjadi lebih baik dari hari ke hari.

———————————
Informasi seputar GKI Kelapa Cengkir dapat diakses melalui :
Whatsapp by (081388901368)
Website (http://gkikelapacengkir.org)
Instagram (@gkikelapacengkir)

You May Also Like

About the Author: gkikelapacengkir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Fatal error: Uncaught wfWAFStorageFileException: Unable to save temporary file for atomic writing. in /home/u7049137/public_html/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php:34 Stack trace: #0 /home/u7049137/public_html/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php(658): wfWAFStorageFile::atomicFilePutContents('/home/u7049137/...', '<?php exit('Acc...') #1 [internal function]: wfWAFStorageFile->saveConfig('livewaf') #2 {main} thrown in /home/u7049137/public_html/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php on line 34