Mata Iman #100: Tongkat Harun

MATA IMAN #100

Baca: Bilangan 17

Nas: Ketika Musa keesokan harinya masuk ke dalam kemah hukum itu, maka tampaklah tongkat Harun dari keturunan Lewi telah bertunas, mengeluarkan kuntum, mengembangkan bunga dan berbuahkan buah badam. (ayat 8)

TONGKAT HARUN

Pada 2009, seseorang dengan na­ma pena Chaos@Work menulis se­buah buku berjudul My Stupid Boss. Buku ini bercerita tentang ”kegilaan” bos si pe­nulis; dari meminta barang supplier se­cara cu­ma-cuma sampai menyalahkan anak bu­ah ketika kapal lautnya terhambat cu­aca bu­ruk. Ternyata kisah bos yang ”bo­doh” ini me­narik perhatian masyarakat lu­as. Bah­kan setelah terbit jilid keduanya, mun­­cul ju­ga My Stupid Boss edisi Fans’ Stories, yang berisi curahan hati para pem­­baca me­ngenai para bos mereka sendiri.

Kesuksesan serial My Stupid Boss yang telah berulangkali dicetak ulang ini me­­nguak sebuah realitas bahwa di du­nia—atau minimal di Indonesia—banyak orang men­jalankan kepemimpinannya dengan ku­rang bijak. Lalu, seperti apa sebaiknya sikap kita dalam men­ja­lan­kan tugas kepemimpinan?

Per­tama, kita harus ingat bahwa Tuhan tak menuntut bahwa ha­­nya manusia ”sempurna” yang dapat mengisi posisi pe­mimpin. Bah­­kan, Harun pernah mengizinkan bangsa Israel me­nyem­bah patung anak lem­bu emas dan bersekongkol dengan Miryam untuk melawan Musa (Keluaran 32). Namun, terpujilah Tuhan, ia masih di­per­ca­ya dan di­be­ri kesempatan untuk memimpin. Kedua, sebagaimana tong­kat yang kering menjadi hidup, kepemimpinan kita harus meng­ha­sil­kan bu­ah bagi sesama, serta mengubah lingkungan menjadi lebih baik.

Pada akhirnya, tongkat Harun yang bertunas itu disimpan ber­sa­­ma Tabut Perjanjian. Setinggi apa pun posisi kita, seperti Harun yang diangkat menjadi imam besar Israel, ingatlah bahwa semuanya ber­asal dari Tuhan. Maka, kita harus mempertanggungjawabkannya kembali kepada-Nya. (OLV)

KEPEMIMPINAN SEJATI ADALAH KEPEMIMPINAN YANG BERBUAH DAN BERTANGGUNG JAWAB KEPADA TUHAN

———————————
Informasi seputar GKI Kelapa Cengkir dapat diakses melalui :
Whatsapp by (081388901368)
Website (http://gkikelapacengkir.org)
Instagram (@gkikelapacengkir)

You May Also Like

About the Author: gkikelapacengkir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *