Mata Iman #99: Onesimus

MATA IMAN #99

Bacaan: Filemon 1: 8-22

Nas: –dahulu memang dia tidak berguna bagimu, tetapi sekarang sangat berguna baik bagimu maupun bagiku. (ayat 11)

Onesimus

Onesimus adalah tokoh utama dalam surat kepada Filemon, yang dianggap Paulus sebagai buah hatinya (ayat 12). Nama ini disebut di Kolose 4:9 dalam konteks bab sebelumnya, yaitu hubungan hamba dengan tuan, dan sebaliknya. Paulus telah menganggap hamba dari Filemon tersebut sebagai anak, yang dikenalnya selama di penjara karena kabur dari sang tuan (ayat 10). Lewat pelayanan Paulus, ia bertobat, lalu Paulus menyuruhnya kembali kepada Filemon dengan disertai surat permohonan agar ia diterima layaknya menyambut Paulus (ayat 17); walau sebenarnya Paulus ingin Onesimus tetap mendampinginya dalam pelayanan (ayat 13).

Paulus bahkan bersedia menanggung kerugian yang telah dialami Filemon karena kaburnya Onesimus (ayat 18). Paulus juga meminta agar Onesimus dimaafkan, diterima kembali, bukan lagi sebagai hamba, namun saudara (ayat 16). Begitulah gambaran bagaimana Yesus telah menebus setiap pribadi, mendamaikan kita sebagai saudara seiman dan menghendaki agar setiap orang percaya berubah dari “penyebab kerugian” menjadi “berguna” seperti arti dari nama Onesimus (ayat 11).

Onesimus, Filemon atau Paulus bisa menjadi acuan renungan pribadi kita masing-masing. Apakah Panjenengan seperti Onesimus yang pernah screwed up alias bikin masale trus ngecewain seseorang, lalu kabur dan marsirang? Atau ngana pihak yang dirugikan seperti Filemon dan sudah bohwat karena saban kali ketemu bawaannye ciong melulu? Atau sampeyan terpanggil menjadi rekonsiliator khusus seperti Paulus? Ingatlah dalam Tuhan ada pengampunan, pemulihan, dan kasih untuk torang samua. Jadilah pembawa damai. (YOD)

==

Jikalau TUHAN berkenan kepada jalan seseorang, maka musuh orang itu pun didamaikan-Nya dengan dia. (Amsal 16:7)

**

Walau rugi soal hepeng
Jangan gak lagi jadi hopeng
Yang pernah slek, baperan, sensi
Maapin aja jek, bilang mei kuan si
Lama tak jumpa ‘tau bakalae
Yok baku dapa dan baku bae
Unang marbada nyuwun mardame
Sekarang rukun idup bersame

==

———————————
Informasi seputar GKI Kelapa Cengkir dapat diakses melalui :
Whatsapp by (081388901368)
Website (http://gkikelapacengkir.org)
Instagram (@gkikelapacengkir)

You May Also Like

About the Author: gkikelapacengkir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *