Mata Iman #8: Kekuatiran Menjadi Pengharapan

Mata Iman #8

Bacaan: Mazmur 121:1-8

Nas: Aku melayangkan mataku ke gunung-gunung; dari manakah akan datang pertolonganku? Pertolonganku ialah dari Tuhan, yang menjadikan langit dan bumi. Ia takkan membiarkan kakimu goyah, Penjagamu tidak akan terlelap. (ayat 1-3).

KEKUATIRAN MENJADI PENGHARAPAN

Pernahkah kita mengalami kehilangan orang yang kita kasihi? Seseorang dari anggota keluarga kita yang terlebih dahulu kembali kepada Tuhan? Saya baru mengalaminya pada awal tahun ini, dan rasanya sangat sedih. Perasaan kehilangan bisa membawa kita kepada penyesalan dan sejumlah pertanyaan. Mengapa secepat itu? Mengapa ia pergi di saat belum banyak waktu yang kami lewati bersama? Sebagai anak rantau yang jauh dari orangtua, saya jadi mudah kuatir setelah kehilangan abang saya. Saya jadi kuatir, bagaimana jika nanti mama atau papa saya dipanggil Tuhan dan saya berada jauh dari mereka?

Bacaan pada hari ini masuk dalam kategori nyanyian ziarah. Hal itu berarti bahwa kalimat-kalimat dalam Mazmur tersebut sering dinyanyikan oleh orang-orang Yahudi ketika mereka berziarah ke Bait Allah di Yerusalem. Nyanyian tersebut menyatakan pengakuan iman bahwa Tuhan setia menjaga umatNya. Kita senantiasa dalam perlindungan, pembelaan, dan pengawasan Tuhan. Pesan dalam Mazmur tersebut dapat diterapkan di dalam perjalanan kehidupan kita pada saat ini. Tuhan setia menjaga kita. Ia senantiasa memelihara kita. Dia tidak akan membiarkan kita sendirian. Tuhan juga hadir untuk memeluk kita dalam kedukaan yang terjadi pada saat ini.

Memang banyak pertanyaan dalam hidup yang tidak bisa terjawab, namun akhirnya saya tersadar bahwa hidup kita di tangan Tuhan. Saya pun berserah dan berpengharapan kepada Tuhan saja.

Saat ini, banyak sekali pergumulan kita akibat wabah COVID19. Ada yang kuatir dengan kondisi ekonomi keluarga. Ada pula yang kuatir kehilangan orang yang dicintai karena setiap orang bisa tertular COVID 19. Janganlah berhenti berharap kepada Tuhan. Mari kita serahkan semua beban dan kekuatiran kita kepada Tuhan, karena Ia penjaga kita.
(PNA)

SELAMAT MENJADI DUTA PENGHARAPAN

——————————————
Informasi seputar GKI Kelapa Cengkir dapat diakses melalui :
Whatsapp (081388901368)
Website (http://gkikelapacengkir.org)
Instagram (@gkikelapacengkir)

You May Also Like

About the Author: gkikelapacengkir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Fatal error: Uncaught wfWAFStorageFileException: Unable to save temporary file for atomic writing. in /home/u7049137/public_html/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php:34 Stack trace: #0 /home/u7049137/public_html/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php(658): wfWAFStorageFile::atomicFilePutContents('/home/u7049137/...', '<?php exit('Acc...') #1 [internal function]: wfWAFStorageFile->saveConfig('livewaf') #2 {main} thrown in /home/u7049137/public_html/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php on line 34