Epifani Memberi Kehidupan

“Tariklah nafas dalam-dalam”, rasakan setiap udara yang masuk dan keluar” sadarkah kita jika oksigen itu memenuhi seluruh tubuh kita dan tetap membuat kita hidup. Apakah kita bisa melihatnya? tidak. tapi kita bisa merasakannya.  Inilah yang disebut RUAKH. Demikian juga bagaimana awan dapat bergerak,dan dahan pohon bergoyang.bukan karena anginnya tapi karena ENERGI nya. dan itulah RUAKH. Inilah kata yang sama dalam Alkitab untuk menyebut Roh Allah atau Roh Kudus. Seperti Angin yg tidak kelihatan demikian juga RK yg tidak kelihatan. Angin sangat kuat demikian juga RK sangat kuat. Dan sama seperti nafas yang menjaga kita tetap hidup, demikian juga RK yang menopang segala kehidupan.

Dalam tiga bacaan kita,kita melihat peran Roh Kudus yang benar-benar menghidupkan. Roh Kudus ada pada diri Yesus.Memberi Yesus Kuasa untuk menghidupkan. Yesus memberi hidup baru bagi mereka yg mengalami sakit dan didiskriminasi. Yesus memberi pengampunan yang menghidupkan bagi mereka yg berdosa dan sering di najiskan dan dikafirkan. Kita semakin disadarkan bahwa Roh Kudus adalah pemberi hidup, sang penopang dalam kehidupan kita.

Pembaptisan Yesus ini bagi Gereja Timur dan Gereja Orthodox dihayati sebagai bagian dari Epifani. Justru dalam Pembaptisan Yesus inilah Penampakan Tuhan sangat jelas, konkrit, dan nyata bagi manusia. Dalam Baptisan Yesus inilah trinitas terlihat jelas.

Dapatkah setiap kita yang sudah merasakan kehadiran Tuhan secara nyata dan telah merasakan kehidupan dari Roh Kudus dapat menyentuh orang lain untuk dapat merasakannya juga?

– Pdt. Winner Pananjaya

You May Also Like

About the Author: gkikelapacengkir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *